Minggu, 25 November 2012

Photobucket


MAKANAN HALAL DILUAR NEGERI




Berlibur atau tinggal di wilayah minoritas muslim memang memiliki tantangan tersendiri. Salah satu yang paling terasa adalah mengenai menu makanan yang halal. Bagaimana memastikan apakah restoran yang dikunjungi benar-benar halal?

Muslim memiliki keharusan untuk mengonsumsi makanan halal. Situs amuslima.com memberi beberapa tips agar lebih cermat lagi memilih menu halal. Bisa menjadi panduan Anda yang sedang atau ingin mengunjungi wilayah lain.


1. Cari restoran berlogo halal
Umumnya, pemilik restoran halal akan menyertakan logo halal di tempat yang mudah dilihat oleh konsumen. Biasanya di papan nama atau bagian depan resto sehingga mudah dikenali.

2. Cek sertifikasi halal
Meski menyertakan logo halal, namun tetap teliti untuk bertanya mengenai sertifikat halal pada pemilik restoran. Tanyakan pada pemilik atau pelayan restoran soal kepastian kehalalan yang dikeluarkan oleh badan halal resmi. Kini, di banyak negera sudah mulai diterapkan sistem sertifikasi halal.

3. Hindari restoran bermenu babi
Sebisa mungkin, hindari restoran yang mengaku punya menu halal tetapi juga menyajikan menu-menu yang dianggap haram, seperti produk babi dan turunannya serta liquor. Hal ini untuk meminimalisir risiko pengolahan makanan dengan menggunakan alat yang sama.

4. Buka panduan restoran halal
Ada beberapa situs yang menyediakan panduan online lokasi restoran halal. Di antaranya adalah www.zabihah.com, www.halaleatingout.com, www.apnatoronto.com, www.halalsquare.com.au, juga www.london-eating.co.uk yang memuat daftar restoran halal di beberapa wilayah seperti Amerika dan juga Inggris.

sumber : www.detikfood.com

Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar